Bingung Pilih jurusan di SMK? Berikut kami berikan tips memilih jurusan

SMKTI.COM (Tips memilih jurusan)- SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Adalah salah satu alternatif pendidikan di tingkat menengah atas. Jika beberapa tahun lalu kita hanya terpaku kepada SMA (Sekolah Menengah Atas) untuk melanjutkan dari jenjang menengah pertama dengan hanya terpaku ke pilihan jurusan IPA dan IPS saja. Selain itu, SMA bisa dibilang siswa tidak terlalu dibekali dengan ilmu yang benar – benar relate dengan kehidupan sehari – hari. Untuk menjawab permasalahan tersebut, muncul lah SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan yang menyediakan jurusan yang bisa langsung bekerja sesuai dengan kebutuhan yang ada di indonesia sekarang.

Tips memilih jurusan SMK
#SMKBISA #SMKTI #STIBAL
SMK BISA #SMKTI

Jurusan yang umum ada di SMK SMK di Indonesia seperti Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi dan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL. Jurusan – jurusan tersebut memang sangat menjanjikan untuk ditekuni di era modern seperti sekarang ini.

Banyak sekali peluang usaha atau peluang bekerja di bidang tersebut, sebut saja Multimedia, di multimedia banyak sekali yang bisa kita pelajari seperti Photografi, Videografi, Editing Photo, Editing Video dan lainnya. Nah akan tetapi banyaknya jurusan kadang malah membuat kita bingung, kira kira harus mengambil jurusan apa yah buat karir saya atau anak saya?

Berikut kami berikan Tips memilih jurusan:

  1. Pastikan Jurusan Sesuai Dengan Passion (Tidak ikut ikutan atau karena terpaksa)
    Hal yang pertama ini sangat mutlak menjadi syarat memilih jurusan agar tidak tersesat dan menyesal dikemudian hari. Sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan atau kesukaan akan menimbulkan kemalasan dalam belajar, akibatnya siswa akan tidak sungguh – sungguh dalam memahami pemebelajaran yang diberikan guru. Jika anda adalah orang tua, selidikilah minat dan ketertarikan anak anda dan kemudian cari jurusan yang berkaitan dengan hobi anak anda tersebut. Jika anda siswa, jangan sekali – kali mengikuti teman anda dalam memilih jurusan yah!
  2. Jika belum menemukan passion, cobalah konsultasi terlabih dahulu dengan guru di sekolah bersangkutan tentang jurusan yang ada di sekolah tersebut
    Disemua sekolah pasti memiliki guru – guru yang kompeten di bidangnya, jika anda belum yakin dengan jurusan anda dan minat anak anda, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan guru atau kepala sekolah yang bersangkutan dan menanyakan apa saja yang akan dipelajari di jurusan jurusan yang tersedia agar anda bisa menerka – nerka kira – kira kemana anak anda atau anda harus memilih jurusan.
  3. Perhatikan arah roda industri sekarang (peluang usaha)
    SMK dirancang untuk siap bekerja setelah lulus (bisa juga melanjutkan ke jenjang perkuliahan) maka dari itu perhatikanlah roda industri sekarang, cari yang memiliki peluang besar untuk bekerja dengan cara seperti ini berilah motivasi juga kepada anak agar bersemangat dalam belajar.

Nah itulah Tips dalam memilih jurusan, semoga bermanfaat! #SMKBISA, #SMKTIBALIGLOBALSINGARAJA, #SMKTI

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *