Tanya Jawab SMK

SMKTI.COM (Tanya jawab tentang smk) – Sekolah Menengah Kejuruan semakin manjadi idola bagi masyarakat Indonesia. Dengan perkembangannya yang cukup pesat, saat ini SMK bukan menjadi pilihan alternatif, namun sudah menjadi pilihan utama calon siswa. Berikut disampaikan beberapa pertanyaan dan jawaban secara umum terkait SMK.

1. Apakah lulusan SMK bisa sukses ?

Pasti sukses! Lulusan SMK dibekali ilmu dan keterampilan sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Kurikulum SMK memuat konseptual, prosedural, hingga metakognitif. Siswa SMK dilatih keterampilan dari konsep dasar hingga implementasi dalam dunia riil. Dengan ilmu dan keterampilan tersebut, peluang lulusan untuk bekerja sangat terbuka. Selain itu lulusan SMK juga dibekali ilmu kewirausahaan, sehingga lulusan SMK mampu berwirausaha bahkan menciptakan lapangan kerja baru. Sesuai dengan slogan BMW yaitu Bekerja, Melanjutkan, dan Berwirausaha. Selain bekerja dan berwirausaha, lulusan SMK juga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2. Apakah jurusan yang paling prospek saat ini ?

Semua jurusan yang ada di SMK memiliki peluang kerja sendiri-sendiri. Peluang kerja juga ditentukan oleh perkembangan jaman dan daerah. Jika merujuk pada perkembangan jaman, maka perkembangan teknologi informasi sangat pesat sehingga jurusan-jurusan teknologi informasi memiliki prospek yang sangat bagus. Khusus di jaman New Normal saat atau pasca pandemi virus corona, peluang kerja di bidang IT meningkat pesat.

Jika merujuk pada potensi suatu daerah, seperti Bali, maka jurusan-jurusan pariwisata memiliki prospek yang bagus. Jika di daerah Jabodetabek, tentunya industri otomotif, tekstil, dan industri berat lainnya. Pada intinya semua jurusan bagus tergantung dari ciri khas daerah serta minat dan bakat calon siswa.

3. Bagaimana tenaga pengajar di SMK ?

Tenaga pengajar di SMK terdiri dari tenaga pengajar yang berasal dari bidang ilmu keguruan dan praktisi. Inilah yang menjadi ciri khas di SMK, selain guru-guru dari bidang ilmu keguruan, SMK biasanya memiliki tenaga pengajar seorang praktisi yang berpengalaman dibidangnya. Dengan pengalaman yang dimiliki dan ilmu yang up to date, tentunya dapat melatih dan mengarahkan siswa agar dengan benar sesuai perkembangan industri saat ini.

4. Apakah lulusannya dijamin kerja?

SMK biasanya memiliki banyak kerjasama dengan perusahaan baik dalam penyaluran tenaga kerja ataupun pelatihan kerja. Sehingga memudahkan SMK untuk menyalurkan lulusannya. Selain itu Dengan bekal ilmu dan keterampilan mumpuni, disiplin yang tinggi, akhlak yang mulia serta kemauan yang tinggi, peluang kerja sangat terbuka bagi lulusan SMK.

5. Bagaimana system magang di SMK ?

Sistem magang di SMK mengikuti aturan dari Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan yaitu magang diindustri dilakukan minimal 6 bulan.

6. Apakah ada SMK yang masa pendidikannya lebih dari 3 tahun?

Ada. Mulai beberapa tahun lalu, Direktorat Pendidikan Menengah membuka kompetensi keahlian SMK 4 Tahun. Dengan ini terdapat beberapa SMK yang memiliki Jurusan dengan masa studi 4 tahun.

Nah demikianlah sedikit tanya jawab tentang smk. Semoga bermanfaat.

#SMKBISA, #SMKTIBALIGLOBALSINGARAJA, #SMKTI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *