Mengapa memilih SMK? Ini alasannya

SMKTI.COM (Alasan memilih SMK) – Sekolah Menengah Kejuruan adalah jenjang pendidikan setara pendidikan menengah atas. Jenjang pendidikan yang ada di Indonesia yang setara dengan SMK adalah SMA, MAK, dan Kejar Paket C. Sesuai dengan istilah sekolah kejuruan, pertama kali masuk siswa langsung diarahkan pada bidang atau jurusan terntentu.

Istilah SMK mulai populer tahun 1998 dimana tahun itu pula istilah SMK dilahirkan. Sebelumnya istilah yang ada adalah STM untuk bidang teknik, SMEA untuk bidang administrasi perkantoran, dan SMKK untuk bidang keterampilan keluarga. Istilah SMK secara tidak langsung mengeneralkan ketiga jenis pendidikan itu. Satu kebaikan digunakannya istilah ini yaitu dapat menghilangkan kesan seram atau keras pada STM.

Alasan memilih SMK
#SMKBISA #SMKTI #STIBAL

Perkembangan SMK menjadi semakit pesat sejalan dengan program pemerintah yang membuka SMK secara masif. Pemerintah menargetkan 60% jenjang pendidikan atas adalah SMK. Sehingga dimasa itu banyak didirikan SMK baru baik negeri maupun swasta. Selain itu program-program bantuan untuk SMK juga sangat banyak.

Pada sisi konten, pendidikan jenjang SMK menitik beratkan pada penguasaan kompetensi keterampilan dibandingkan kompetensi pengetahuan. Perbandingan antara keterampilan dan pengetahuan terbalik dengan jenjang pendidikan SMA. Siswa SMK dilatih terampil pada bidang yang dipilihnya sehingga saat lulus nanti siap memasuki dunia kerja. Dan ini adalah target pendidikan SMK pada waktu itu. Ciri khas lulusan SMK adalah terampil dibidangnya secara menyeluruh, dari konsep dasar hingga implementasi secara riil.

Konsep BMW (Bekerja, Melanjutkan, dan Wirausaha)
Beda dahulu beda sekarang. Saat ini kurikulum SMK dikonsep untuk dapat menjangkau tiga ranah BMW tersebut. Apakah hal tersebut SMK sama dengan SMA? Jawabannya tentu tidak. Selain siap bekerja, lulusan SMK juga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jika dilihat dari basic SMK, jenjang pendidikan yang tepat adalah pendidikan Vokasi seperti politeknik ataupun jurusan di perguruan tinggi yang menitik beratkan pada keterampilan, bukan pengetahuan. Lulusan SMK Teknik cocok untuk jurusan teknik seperti Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Komputer, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Akuntansi, dan lainnya. Lulusan SMK tentunya kurang cocok masuk ke jurusan seperti Matematika atau Kedokteran karena dasar ilmu yang dipelajari adalah keterampilan, sedangkan jurusan itu menuntuk penguasaan konsep dasar ilmu pengetahuan.

Sejalan dengan perkembangan waktu, fokus pada penyiapan tenaga kerja saja tidak cukup, dibutuhkan tempat untuk menyalurkan tenaga tersebut. Dari permasalahan itu, kurikulum SMK disempurnakan lagi sehingga lulusan SMK mampu menciptakan peluang kerja bagi orang lain, minimal bagi dirinya sendiri. Materi kewirausahaan mulai ditanamkan pada kurikulum. Unit-unit produksi sebagai tempat latihan kerja nyata digalakkan disetiap SMK. Bahkan mulai tahun 2018, jam kewirausahan mencapai mencapai 6 jam setiap minggunya.

Dari pemaparan diatas, kiranya dapat menjawab pertanyaan dari judul artikel ini. Dengan masuk SMK, anda akan siap bekerja dibidang yang anda geluti. Dengan masuk SMK , anda dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan masuk SMK, anda siap berwirausaha mandiri dan menciptakan peluang kerja baru. So… don’t hesitate! SMK will make you better and special.

Nah itulah sedikit gambaran alasan memilih SMK, semoga bermanfaat! #SMKBISA, #SMKTIBALIGLOBALSINGARAJA, #SMKTI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *