Agus Swastika aka Denpa, Videografer dan Editor Video Senam Pramuka

Seminggu terakhir ini adalah minggu yang sibuk bagi tim senam pramuka SMK TI. Latihan keras untuk kesempurnaan gerakan dilakukan. Dilanjutkan dengan sesi pengambilan video yang melelahkan. Panjangnya durasi senam yang mencapai 13 menit lebih, menghadirkan kesulitan tersendiri. Pengambilan video dilakukan berulang-ulang sampai tidak terjadi salah gerakan yang dilakukan dari awal hingga akhir senam. Proses pengambilan video dilakukan selama tiga hari dari pagi hingga malam di lingkungan sekolah.

Dibalik rumitnya kegiatan tersebut, ada seorang siswa yang memiliki fungsi penting dalam pengambilan video. Dia adalah Agus Swastika dari kelas X Multimedia. Siswa yang memiliki nama panggilan Denpa ini berperan sebagai videografer dan video editing. Walau masih kelas X, Denpa yang berasal dari Desa Pejarakan Gerokgak terlihat mumpuni dalam melakukan tugasnya.

Sebelum menjadi videografer pada kegiatan ini, Denpa beberapa kali terlibat dalam project pengambilan video dan foto yang dilakukan oleh TIm Kreatif. Hal ini tentunya sangat baik bagi perkembangan keterampilannya di bidang multimedia karena ia mendapat pengalaman praktik secara langsung, sehingga tidak mengherankan jika saat ini ia memiliki skill yang mumpuni. Apa yang dilakukan Denpa dapat menjadi contoh bagi siswa lain dalam belajar.

Konsep pembelajaran yang dilakukan Denpa ini adalah contoh pembelajaran kontekstual yang ada di SMK TI. Sebagai sekolah yang melatih siswa menjadi terampil, SMK TI selalu mengajak dan mendorong siswa untuk belajar secara langsung sehingga mereka mendapatkan pengalaman riil yang sangat berharga baginya. Hal tersebut tidak hanya untuk siswa dari jurusan multimedia saja, namun untuk siswa dari semua jurusan.

Artikel ini juga diterbitkan di https://smktibaliglobalsingaraja.sch.id.

Baca: Profil SMK TI Bali Global Singaraja

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *